Jumat, 14 Oktober 2011

Hari Hak Asasi Hewan

15Oktober2011,besok hari Sabtu berarti tinggal sehari lagi. Dikarenakan cerita seseorang kawan fesbuker, sebab rasa penasaran akhirnya aku searching di Om Google,dan benar tiap tanggal 15Oktober diperingati sebagai Hari Hak Asasi Hewan secara internasional, ooo..ternyata oh ternyata aku baru tahu sekarang ini. Awalnya aku heran,siapa sebenarnya yang punya ide mengadakan hari peringatan untuk hewan,mulai kapan dan apa sejarah serta alasannya,setelah aku baca banyak tulisan dan berpikir sendiri akhirnya aku mengambil kesimpulan jika memang perlu adanya hari pengakuan atas hak asasi hewan. 
Hewan juga berhak diperlakukan dengan baik dan wajar,disayang dan dirawat bukan disakiti atau dianiaya. Hewan mempunyai banyak manfaat untuk manusia,meskipun ada yang merugikan manusia namun itu hanya sebagian kecil saja. Mungkin ada beberapa kawan's dan teman's yang baru mengetahui adanya Hari Hak Asasi Hewan ini,selanjutnya bagaimana kita memperlakukan dengan baik binatang-hewan sesuai dengan "azas kehewanan" untuk semua peliharaan-ternak maupun hewan yang bebas di sekitar kita.
Dan untuk memperingati Hari Hak Asasi Hewan kali ini,aku pengen berbagi foto Menik kucing-ku dulu. Menik oh Menik aku kangen sekali dengan-mu pusss..
Menik adalah nama kucing peliharaan-ku duluuu selain Astiko-Unyil dan Cuplik. Kemudian dia melahirkan banyak anak hingga akhirnya aku sekeluarga dengan terpaksa membuang Menik dan anak2nya,kalo tidak salah jumlahnya 5ekor,hal ini dikarenakan aku sedang hamil besar dan tidak disangka aku melahirkan Dimas anak-ku 2minggu setelah Menik melahirkan,dengan alasan kesehatan-kebersihan bayi dan orang serumah,dengan sangat terpaksa aku merelakan Menik pergi. Pasar adalah pilihan tepat membuang Menik dan anak2nya sebab selain banyak orang *siapa tahu ada yang kasian kemudian berbaik hati merawat semua kucing2 itu* juga di sana pasti ada banyak makanan (meskipun makanan sisa atau yang dibuang)
Saat ini usia Dimas hampir 2tahun,berarti sudah lama aku tidak berjumpa dengan Menik dan anak2nya,semoga saja "mantan kucing"-ku itu sehat,baik2 saja dan belum mati tentunya,Menik aku kangen dan pengen ketemu kamu pusss..
Semoga saja dengan semakin bertambahnya pengetahuan orang2 mengenai hak hewan menjadikan kita lebih menyayangi dan merawat serta menjaga hewan milik kita dan yang ada di sekitar kita,hingga ada suatu kerjasama yang baik. Jangan memperlakukan hewan dengan semena-mena,perlakukan mereka dengan bijak,pasti akan mendatangkan kebaikan daripada hal buruk pada kehidupan kita saat ini dan selanjutnya.

*Sekedar pesan untuk siapa saja yang bekerja sama dengan binatang,seperti para pemain sirkus-pemilik topeng monyet-pemilik kerbau pembajak sawah-para kusir delman-peternak sapi perah-bapak polisi pasukan anjing dan siapapun..perhatikan kesehatan-jaga kebersihan dan jangan lupa memberi makan teratur-jangan menyiksa dengan kejam mereka para hewan jika dalam masa latihan..kasian, hewan juga mahluk Tuhan. Untuk hewan semuanya di manapun "kalian" berada selamat Hari Hak Asasi Hewan,15Oktober 
*Foto2 di atas adalah foto kenangan Menik saat masih "lajang" hingga dia sudah bergelar "ibu",jika aku melihat foto2 itu betapa sedihnya aku,tidak bisa memberikan Asi Ekslusif pada Dimas anak-ku (*hanya 3bulan saja akibat kena sakit Demam Berdarah*) oo tidak,mamamia kalah sama kucing,hiks..

2 komentar:

  1. aku gak suka pelihara hewan May

    :(

    BalasHapus
  2. gapapa sech saa g suka pelihara asal jangan sakiti hewan ajalah..kalo aku pancene dari cilik suka binatang dulu kucing-kelinci,seneng punya peliharaan itu,beneran!!

    BalasHapus