Selasa, 19 Juli 2011

Festival DHOHO dan Tahu MURI

Festival Jalan Dhoho
Kota Kediri,merupakan kota dimana aku dilahirkan dan aku tinggal saat ini,pada bulan Juli 2011 ini berulang tahun yang ke 1132. Banyak sekali rangkaian acara yang diadakan untuk memeriahkan HUT Kediri kali ini dan kebetulan pula di Kediri sendiri didaulat sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Porprov III Jatim 2011. Sangat rame dan meriah..
Salah satu acara yang diadakan adalah Festival Jalan Dhoho,merupakan pusat kota sekaligus pusat perdagangan di Kediri,selama 2hari terhitung tanggal 16-17Juli 2011 sengaja ditutup dan digunakan sebagai tempat pelaksanaan acara yaitu pameran aneka makanan-kuliner dan kerajinan serta macam2 produksi usaha kecil dan menengah di wilayah Kediri,dan tentunya banyak panggung hiburan disana. Jalan Dhoho sendiri sepanjang kurang lebih 1kilo meter ditutup total selama acara berlangsung.
Sebenarnya Festival Jalan Dhoho ini bukan yang pertama kali diadakan,dan tema festival kali ini adalah "Kediri In A Week"  Aku datang kesana bersama suami dan anak-ku,Dimas. Aku datang suasana sudah rame dan aku pulang sudah sangat rame dan berjubel,sepertinya penduduk Kediri pada "tumplek blek" tumpah-ruah di Jalan Dhoho.
 Gapura selamat datang
Suasana Festival Jalan Dhoho
Semoga saja Festival Jalan Dhoho setiap tahun-nya bisa berlangsung dan menjadi agenda rutin pemerintah kota Kediri. Hanya saja festival ini masih menjadi polemik sendiri bagi masyarakat,ada yang menganggap dengan adanya penutupan Jalan Dhoho dianggap mematikan potensi perdagangan kota. Tapi menurut saya pribadi bukankah penutupan 2hari untuk merayakan ulang tahun kota tercinta tidak ada ruginya..toh pertokoan itu masih tetap bisa buka,jika para penjual pecel-tumpang yang tiap malamnya berdagang di trotoar pertokoan harus libur bukankah itu berarti membagi peruntungan untuk para pedagang dadakan peserta festival itu sendiri,jadi saya menganggap itu semua win-win solution dan tidak ada yang rugi malah saling berbagi rejeki. Harapannya tahun depan dan selanjutnya Festival Jalan Dhoho harus tetap ada sebagai acara tahunan dan makin bagus pastinya,siplah!!

Rekor MURI rangkaian tahu terpanjang di-Indonesia
Masih dalam rangka memperingati hari jadi kota Kediri,yang mana kota Kediri yang memang dikenal sebagai "Kota Tahu" berniat memecahkan rekor pembuatan rangkaian tahu terpanjang. Dan akhirnya semua itu terlaksana pada hari Minggu 17Juli 2011 kemarin. Hasil dari pengukuran tim dari perwakilan MURI rangkaian tahu tersebut berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yaitu dengan panjang 111,3m dengan lebar 60cm dan ketebalan 5cm terdiri dari 23.350 buah tahu kuning atau tahu takwa dengan melibatkan 27 perusahaan tahu baik besar-kecil dan menengah serta menghabiskan kurang lebih 2,5ton kedelai lokal dan impor,sungguh suatu kerja sama yang sangat baik dari semua pihak.
Suasana penonton yang berebut mendapatkan tahu gratisan
(foto diambil dari lensaindonesia.com)
Semuanya senang dengan adanya acara pemecahan rekor MURI (Musium Rekor Indonesia) untuk rangkaian tahu terpanjang di Indonesia,hal ini makin menegaskan kota Kediri sebagai Kota Tahu,merupakan kota penghasil tahu yang enak-sehat dan higienis serta masuk MURI pula,aku dan semua masyarakat Kediri bangga!! Kota Kediri selama ini terkenal dengan tahu takwa alias tahu kuning-nya yang rasanya khas-kenyal dan sehat itu. Yang lebih menyenangkan lagi adalah setelah selesai pengukuran dan pengumuman sebagai rangkaian tahu terpanjang,tahu2 itu juga dibagikan secara gratis pada masyarakat dan semua boleh mengambil berapapun jumlahnya. Ayo SERBU!!

note: sebenarnya aku tidak ikut berebut tahu2 itu tapi aku mendapatkan bagian dari teman pak poh-ku yang memang usahawan tahu,aduh senangnya dapat gratisan tanpa harus berebut,dapat satu tas plastik lho,lumayan kan he3x.. Ayo siapa yang tidak suka makan tahu?? (tahu memang lauk yang murah-enak dan tidak mengandung kolesterol)

6 komentar:

  1. wah mbak mia, seru seru..coba saya pas ditulungagung,pasti saya sempatkan ke KEdiri deh untuk menyaksikan dan dapat tahu gratisnya hehehe..jadi kangen stick tahu Kediri neh..atau getuk pisangnya..hiks..:)

    BalasHapus
  2. Waw ... sungguh keren-keren ... hehehe ...

    BalasHapus
  3. Pasti pada berebut tahu ya Mbak,,hehehe

    BalasHapus
  4. wah baru tau ada fetival dhoho,
    jare wong kediri kok malah gak ngerti he..he...
    salam kenal mbak, klo baca2 blognya kayaknya kakak kelas juga di smp dan sma.

    BalasHapus
  5. wah, kirain emang tahunya gede betulan, ternyata dijajarin ya? jadi inget tadi malem aku makan tahu, hihihi.

    BalasHapus
  6. haloo semuanya..terimaksih ya sudah mampir n baca pstingan ini,iya kediri kota tahu makanya pengen mengukuhkan.."kota tahu-nya" selamat makan tahu semuanya..

    BalasHapus