Minggu, 08 Mei 2011

Diet dengan Tahwa

Tahwa anget enak tenan..
kata orang  tahwa bisa untuk berdiet jadi asupan nasi diganti dengan porsi tahwa selain mengandung sedikit karbohidrat tapi kaya protein cukup mengenyangkan aku mencoba diet itu "masih mencoba" aku belum merasakan manfaatnya secara langsung tapi paling tidak dengan mengganti makan tahwa,porsi makan-ku  jadi berkurang tahwa mungkin masih asing bagi beberapa orang,ya tahwa adalah bentuk lain dari hasil olahan kedelai bisa juga disebut kembang tahu tetapi dimakan disertai kuah jahe yang hangat..
hmmm..murah meriah hanya 3000 saja
Kita juga bisa membuat tahwa sendiri,rada ribet sedikit tapi pastinya lebih sesuai dan pas dengan selera lidah kita,setelah melihat-lihat info google ada resep pembuatan tahwa dari @reseppedia.com bisa dicoba..
bahan:
500ml susu kedelai
1bungkus agar-agar putih
1/2sendok teh garam
cara pembuatan:
masak agar-agar dan susu kedelai seperti membuat agar-agar biasa,masukkan garam lalu aduk tunggu hingga mendidih lalu angkat,kemudian tuang ke wadah yang cukup lebar lalu diamkan
setelah setengah beku lalu aduk2 hingga agak hancur lalu dinginkan lagi hingga benar-benar dingin dan membeku (jangan dimasukkan ke dalam kulkas) biarkan membeku dalam suhu ruangan saja.
bahan kuah jahe:
250cc air
250gr gula merah
jahe secukupnya
daun pandan secukupnya
cara membuat:
masukkan dan masak semua bahan menjadi satu hingga mendidih lalu saring
usahakan jika disajikan kuah dalam keadaan hangat.
==>sajikan tahwa bersama kuah jahe,hmm..enak!!

nb: tahwa juga cocok untuk balita,rasanya lembut dan kaya protein bagus untuk anak
          dan dimas,anak-ku menyukainya..sebagai pengganti jika susah makan nasi 
          tapi jika untuk anak penyajian kuahnya sedikit sekali ya..sebab rasanya sedikit pedas    

8 komentar:

  1. owh...kek itu ya Tahwa, Bu...
    bisa bikin ndiri lagi. hehehe
    setauku di deket2 pasar pahing juga ada yang jual.
    Tahwa + Angsle ^_^

    BalasHapus
  2. ooh tahwa tuh kembang tahu?.. baru tahu saya.. saya nggak terlalu suka sama makanan ini. aneh dilidah..

    cuman kalo udah jadi sup, dicampur macem-macem, saya jadi nggak bisa bedainnya. hhehee

    BalasHapus
  3. @didut,yup aku langganan tahwa yg dijln cokroaminoto itu jadi orange rumahe gurah makane lewat rumah bangsal,mampir dech..males buat he3x.. @mas gaphe,tahwa bkn kembang tahu yg buat sop lho,tapi semacam agar2 dari susu kedelai yg ada kuah jahe-nya

    BalasHapus
  4. aku gak pernah makan tahwa seumur hidupku
    karena JAHE!!!!

    aku BENCI jahe may...

    BalasHapus
  5. oo itu namanya tahwa..di jkt aku pernah makan diblgnya kembang tahu..dsini jg ada mam..dibilangnya chilled tofu..aku emg kasi ini buat cemilan zoya..cm kuahnya pake yoghurt atau jus buah hehehe. thx resepnya ya..mau coba bikin sendiri..

    BalasHapus
  6. waah...jadi pengen bikin Tahwa sendiri niih..keliatannya enak dan mudah dibuatnya.makasih ya Mba Miaa...

    BalasHapus
  7. oh, kembang tahu ya? aku juga suka :) tapi sayang terakhir makan kayaknya beberapa tahun lalu :S
    oya, main2 ke blog'ku yaa :)

    BalasHapus
  8. to elsa yellow-mbak ecy-mamanayla dan indi manis thx ya dah coment disini,ya tahwa enak n mudah dibuatnya tapi aku pilih beli aja wes..he3x..

    BalasHapus