Minggu, 24 April 2011

Gua Selomangleng

Kemarin itu ayah libur kerja,sebab hari libur Paskah. Bingung mau apa atau mau kemana untuk mengisi waktu libur yang cuma sehari dan lagi waktunya pendek sebab jatuh dihari Jum'at (untuk ibadah sholat Jum'at) maka cari tempat yang dekat rumah dan enak dibuat Dimas jalan2 dan lari2,cari daerah yang banyak pepohonannya jadi hawanya sejuk,maka Gua Selomangleng pilihan ayah kali ini.
Gua Selomangleng terletak kurang lebih 15menit dari rumahku,malahan lebih dekat letaknya dari sekolah SMU-ku dulu. Gua Selomangleng terletak di Gunung Klotok,sebuah gunung mati atau tidak aktif produksi laharnya,dikenal juga dengan Bukit Maskumambang. Dinamakan Selomangleng sebab lokasinya yang berada dilereng bukit,menurut istilah Jawa,Selo=batu dan Mangleng=miring.
Gua Selomangleng terkenal dengan legenda Dewi Kilisuci-nya.Dari cerita yang beredar,Gua Selomangleng dulu digunakan oleh Dewi Kilisuci sebagai tempat pertapaan. Dewi Kilisuci adalah putri mahkota Raja Erlangga yang menolak menerima tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya, dan lebih memilih menjauhkan diri dari kehidupan dunia dengan cara melakukan Tapa Brata di Gua Selomangleng. Berikut beberapa foto kami disana,..

Selain ada Gua Selomangleng-Bukit Maskumambang disana juga ada komplek Musium Airlangga,yang sedikit banyak menyimpan sejarah Kota Kediri,biasanya dihari Minggu banyak yang datang kesana,selamat menikmati..

Nb: beginilah jika tidak bisa jalan2 keluar kota,dalam kota-pun jadi..hiks.

3 komentar:

  1. wah....sejuk banget kayae suasananyaaa

    BalasHapus
  2. oohh unik juga namanya.. gua miring. ternyata ekplorasi tempat wisata nggak harus jauh-jauh gitu ya Mam?.

    apapun tempat wisatanya, asal sama keluarga.. pasti menyenangkaan ^_^

    BalasHapus
  3. @mb aina:iya mbak suasana-nya sejuk n rindang,enak buat santai he3x..
    @ms gaphe:iya mas kita bisanya yg dekat2 rmh aja,jd seneng bgt baca blog smpyn,sbb keliling trus,jd serasa ikut jalan2,makasih info-nya ya

    BalasHapus