Rabu, 16 Maret 2011

Pecel Tumpang Jln. Dhoho

Kuliner malam di kota Kediri
identik dengan menu nasi pecel tumpang-nya serasa di kota Yogyakarta yang punya andalan jln Malioboro kalo di Kediri terkenal dengan jln Dhoho sebagai pusat kota, saat malam tiba ketika toko2 sudah mulai tutup,maka para penjual nasi pecel tumpang pun datang dan menempati pos2-nya menggelar dagangan dan mulailah kuliner malam yang murah meriah karena posisinya diatas trotoar maka lesehan cara duduk menikmati makanan. Pecel tumpang termasuk makanan asli Kediri,tapi daerah2 laen pun ada cuma kadang beda bahan-bumbu dan cara penyajiannya,serupa tapi tak sama..

Pecel tumpang merupakan makanan sehat yang terdiri dari campuran banyak sayur seperti daun bayam-daun singkong-daun pepaya-daun kenikir-parutan pepaya muda kecambah-kacang panjang-biji lamtoro-mentimun sampai daun kemanggi pun ada (tapi racikan tergantung penjual masing2) kemudian disiram dengan kuah sambal pecel saja-tumpang saja atau dua-duanya yang dikenal dengan istilah "campur" dan untuk lauk standarnya ada tahu-tempe-mendoan-menjeng serta rempeyek, tapi jika ingin lauk yang laen juga ada telor-usus-ayam-daging-ikan-dadar jagung atau jeroan juga bisa. Soal urusan harga murah meriah,nasi pecel tumpang biasa cuma 4000 rupiah saja tapi kalo nambah lauk nambah pula itungannya,..minuman hangat dan yang pake es,ada!!
Foto2 ini saat aku makan nasi pecel tumpang tadi malam,pancen enak tenan..
Plang jln Dhoho kota Kediri
Lesehan Pecel Tumpang-nya Mbak Anik
Macam2 lauk-pauk tambahan yang bisa dipilih
sederhana sech.. tapi cukup enak-sehat dan mengenyangkan
Pecel-tumpang tambah sate usus,..hmmm Yumilah Yumiwati!!
wooww!! enak tenan pokok-e Yumilah Yumiwati..
aku kepedesen,..minumnya jahe anget,so hot!!

Nah,bagi siapa saja yang malam2 lewat kota Kediri trus kelaparan boleh juga mampir di jalan Dhoho buat kuliner malam yang murah meriah plus menyehatkan dan pasti dijamin kenyang,oh ya sekedar saran kalo makan disana,siap2 uang kecil alias recehan ya sebab pastinya sering ada pengamen atau juga pengemis datang,sedikit mengganggu memang tapi gapapa tho perut kenyang tapi juga sedekah.. Monggo-monggo silahkan mampir,hampir sepanjang trotoar jln Dhoho kalo malam semua pedagang jualan pecel-tumpang,tinggal kita pilih yang mana,..

uups,..hampir lupa postingan ini mamamia ikut kan lomba-nya mas Gaphe moga2 saja bisa dapat hadiah ya,..GAPHE GIVEAWAY memang ok,sip lah!!..
 

5 komentar:

  1. UWAAA... UWAAAA... gigiit gigiit bantall..

    uh enak banget sih Mam, itu makan pecel tumpangnya.. Pecel tumpang tuh menu favorit saya kalo dikosan Surabaya.. pake lauk tahu bali, daging serundeng, disiram kuah lodeh labu siam.. mantab jaya pokoknya!..

    uh, mana pake sate telur puyuh lagi *beneran ngiler*

    oke mam, udah tercatat sebagai peserta yak!.. makasihh banyak udah ikutaan.. semoga beruntuung ^_^

    BalasHapus
  2. mas gaphe bnr2 menu murah meriah n sehat,kan makan sayur-sayuran cocok u diet n vegetarian asal ojo kayak aku nambah lauk yg kolesterol pke usus n telor,..ttp gemuk dech jadinya he3x..

    BalasHapus
  3. paling enak emang makan-makanan begini mbak. kayak di angkringan :)

    BalasHapus
  4. kayaknya enak tuh bu..
    belum pernah ke kediri.. paling cuma mampir di terminal kertosono sebelum ke madiun, paling cuma nyicipi tahu kediri yang dijual pedagang asongan diterminal,
    salam kenal ya ibu..
    aku follow blognya

    BalasHapus
  5. @mbak henny: iya betul sama-sama dipinggiran jalan n sama2 ditrotoarnya,murah meriah tapi sedaaap @mas geafry:salam kenal balik,ayo monggo mampir kediri n kuliner malam pecel tumpang,matur suwun sdh follow,aku follow balik ya..thx.

    BalasHapus