Minggu, 03 Oktober 2010

Filateli,Hobi-ku yang Terlupakan

Dulu aku punya hobi filateli atau mengumpulkan macam2 perangko bekas dan baru. Seingatku sewaktu aku dibangku SD sampai dengan pertengahan SMU aku suka filateli. Mengumpulkan dan bertukar koleksi perangko dengan teman2 sehingga perangko-ku bertambah,ada pula yang mendapatkannya dengan cara membeli perangko2 itu.

Filateli berasal dari bahasa Yunani,philately;
philos artinya cinta dan ateleia artinya pembebasan.
Istilah filateli dikenalkan oleh orang Perancis bernama Herpin pada tahun 1860an
Karenanya kolektor perangko disebut filatelis atau pecinta kebebasan.

Aku senang mengumpulkan perangko saat itu,sebab selain gambarnya bermacam-macam,serinya juga beraneka cerita,temanya unik-unik serta warna-warni yang menarik dipandang mata,rasanya ada kepuasan tersendiri jika koleksi kita bertambah banyak,apalagi saat berkirim atau menerima surat dulu korespondensi sering dilakukan orang2 (bomming) tidak seperti sekarang ini.
 berbagai macam bentuk-tema-warna perangko

Kegiatan filateli sepertinya hanya sederhana saja yaitu mengumpulkan perangko. Tetapi jika hobi ini ditekuni banyak sekali manfaatnya terutama untuk perkembangan kepribadian seseorang, beberapa nilai positif dari kegiatan filateli ini misalnya :
  1. Melatih kegigihan,sifat gigih diperlukan dalam berburu perangko untuk melengkapi koleksi yang diinginkan
  2. Melatih kesabaran,terkadang memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan satu koleksi yang diinginkan 
  3. Melatih kesabaran,filatelis pastinya memperlakukan koleksinya dengan sangat hati-hati dan rapi
  4. Melatih ketelitian,filatelis harus jeli dan cermat agar bisa membedakan seri-tahun-warna-tema dan banyak kriteria lainnya
  5. Melatih kejujuran,sifat jujur dan saling pengertian sangat diperlukan dengan sesama filatelis lainnya,misalnya saat tukar menukar perangko 
  6. Meningkatkan kreativitas dan rasa seni,memilih tema dan menata perangko,membutuhkan kreativitas dan rasa seni tersendiri
  7. Belajar berhemat dan berinvestasi,menyimpan perangko selain bisa berhemat daripada membeli barang yang kurang berharga lainnya,juga bisa sebagai investasi tabungan dikemudian  hari bagi sesama filatelis
    Tetapi saat ini aku sudah tidak lagi terlalu memperhatikan koleksi perangko-ku,selain sudah ada kesibukan baru sebagai ibu rumah tangga yang punya seorang anak balita,juga sangat jarang saat ini menemukan teman dan sahabat yang suka dan tertarik akan barang filateli atau perangko. Apalagi saat ini kegiatan surat menyurat sudah hampir terlupakan dan terabaikan oleh banyak orang,aktivitas surat menyurat terkalahkan adanya kemajuan teknologi seperti adanya telephon,handphone,blackberry ataupun internet.
    stamp album milik-ku

    Meskipun koleksi perangko-ku hanya sedikit hanya ada 3 Stamp Album saja,tapi paling tidak ada barang koleksi yang bisa aku banggakan dan aku pamerkan untuk anak-ku nantinya agar dia bisa berusaha dalam mendapatkan sesuatu,menghargai barang dan mampu merawat serta menjaganya dengan baik,apapun itu yang dia milki. 
    Semoga saja..

    4 komentar:

    1. Waaahh hobi berfilateli juga ya, Mbak.
      Sayang yah, sekarang hobi ini sepertinya sedikit tenggelam gara-gara SMS dll.
      Salam kenal ya mbak.. :)

      BalasHapus
    2. hai mbak ethie,yup mbak duluuuu aku filatelis juga meskipun sedikit punyaku tapi boleh dong pake sebutan filatelis hee,..
      mbak juga filateli tha??? bener sekarang korespondensi kalah sama internet,jadinya hobiku itu macet!!!

      BalasHapus
    3. iya sa,itu termasuk dulu hobi-ku
      skarang sech g lagi,dah jadi simpenan di-rak buku,hee..

      BalasHapus