Sabtu, 02 Oktober 2010

02 Oktober, Hari Batik Nasional

Hari ini tanggal 02 Oktober,dan mulai setahun kemarin tepatnya tanggal 02 Oktober 2009 ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional. Oleh badan internasional UNESCO,telah mengakui sebagai Batik Indonesia sebagai Budaya Tak Benda Warisan Manusia (Representatif List of The Intangible Culture Heritage of Humanity) dan akhirnya resmilah batik telah diakui sebagai warisan asli negeri Indonesia dan negara lain tidak berhak mengklaim sebagai budaya miliknya.

Di Indonesia batik dipercaya mulai ada sejak jaman Majapahit dan menjadi sangat terkenal dan populer pada akhir abad XVIII (wikipedia) dengan demikian batik sudah ada paling dahulu di Indonesia,dibandingkan dengan batik dan sebangsanya di negara-negara lain. Ada bermacam-macam batik itu sendiri di Indonesia,ditiap-tiap daerah mempunyai ciri-corak dan kekhasan tersendiri yang menjadikan keanekaragaman batik sebagai budaya. Ada batik khas Pekalongan-khas Yogyakarta-khas Solo-khas Madura sampai batik khas Kediri pun ada,luar biasa banyak sekali macamnya.
 beberapa koleksi batik Dimas,anak-ku

Walaupun banyak sekali ragam desain-corak-tema batik di Indonesia,tapi semangat kesatuan tetaplah harus dijaga. Di mata dunia internasional hanya dikenal satu macam batik yaitu Batik Indonesia,tema yang mengangkat semangat nasionalis bangsa yaitu Bhinneka Tunggal Ika..Unity in Diversity. Marilah kita lestarikan kain batik sebagai budaya kebanggaan bangsa,dengan hal itu secara tidak langsung akan mengangkat citra,harkat dan martabat bangsa kita,Indonesia.

Telah ada slogan tentang pelestarian batik sebagai budaya warisan asli Indonesia,yang diutarakan oleh Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata,bapak Jero wacik 
"Jadikan batik sebagai kebanggaan kita dalam berbusana"
Selamat Hari Batik,semuanya..

3 komentar:

  1. ya tapi sudah dipatenkan Malaysia...

    BalasHapus
  2. pdhal-kan batik punya kita ya sa,..
    knapa sech budaya kita slalu diklaim duluan negara laen,hiks..

    BalasHapus